Terbaru

Berikut 5 Prospek Kerja Teknik Bangunan

Melihat banyaknya infrastruktur yang semakin berkembang dan banyak maka tak heran jurusan teknik bangunan mulai menjadi pilihan terutama untuk mereka yang berminat di bidang konstruksi bangunan. Selain itu, pastinya informasi prospek kerja untuk jurusan ini juga dibutuhkan. Simak beberapa referensi prospek kerja teknik bangunan yang cocok untuk Anda.

1. Dosen

Untuk Anda yang ingin membagikan ilmu yang telah Anda dapat, menjadi dosen merupakan salah satu peluang kerja bagi lulusan Teknik Bangunan. Ada banyak Perguruan Tinggi yang berfokus pada Pendidikan Teknik Bangunan sehingga dapat menyalurkan lulusannya menjadi dosen baik di universitas negeri maupun swasta. 

Untuk standar penghasilan awal dosen sekitar 3-5 juta rupiah per bulannya. Hal itu dilihat dari institusi pendidikan dan gelar saat memasuki lingkup pekerjaan tersebut.

2. Praktisi Industri

Di industri sipil, jurusan Teknik Bangunan merupakan salah satu jurusan yang cukup dicari. Terutama pada proyek pembangunan dari skala kecil hingga besar.

Saat ini industri pembangunan dan infrastruktur masih berkembang di beberapa kota besar di Indonesia sehingga peluang kerjanya pun juga cukup banyak untuk lulusan Teknik Bangunan. 

Di dunia industri, rata-rata gaji yang diterima pun beragam mulai dari standar Upah Minimum Regional sekitar 3 juta rupiah hingga 8 juta rupiah jika bekerja untuk perusahaan berskala Internasional.

Adapun beberapa perusahaan besar yang bergerak di bidang ini meliputi antara lain PT Sinar Mas Land, PT Jaya, PT Wijaya Karya hingga perusahaan berskala internasional seperti Hyundai Heavy Industry dan PT SMOE Indonesia.

3. Pegawai Negeri Sipil (PNS)

Saat ini pemerintah juga masih banyak membutuhkan tenaga kerja kompeten di bidang Teknik Bangunan. Misalnya saja di beberapa Departemen yang berhubungan dengan pembangunan dan infrastruktur negara.

Seperti di Departemen Pekerjaan Umum, Kementerian Perumahan Rakyat, maupun di Kementerian Perindustrian. 

Saat ini Pegawai Negeri Sipil Golongan IIIA atau lulusan baru yang pertama kali kerja sebagai Pegawai Negeri Sipil mendapat gaji sekitar 3 juta rupiah, belum termasuk dengan tunjangan, gaji ke-13, asuransi kesehatan hingga jaminan pensiun di hari tua nanti. 

Baca juga: Tren Rumah Kontainer – Uawet

4. Jasa Desain Bangunan

Pekerjaan jasa desain bangunan memiliki job desk mendesain bangunan dari segi kemudahan konstruksi, arsitektur maupun segi keamanan serta standar yang disyaratkan.

Terutama di Indonesia adalah negara berkembang yang membutuhkan pembangunan di segala bidang, maka profesi ini masih menjadi salah satu profesi yang menjanjikan. 

Banyak perusahaan yang mencari lulusan ini dari perusahaan bertaraf lokal hingga internasional seperti PT Intinusa Persada, PT Total Bangun Persada, PT Hutama Karya atau PT Arsindo Cipta Karya. Gaji yang didapat juga sesuai dengan Upah Minimum Regional.

Baca Juga: Pesan tukang bangunan online

5. Kontraktor

Salah satu profesi terpopuler lulusan Teknik Bangunan adalah kontraktor bangunan, baik di skala lokal, nasional hingga internasional. Seperti misalnya PT Adhi Karya, PT Waskita Karya, PT Bangun Cipta Kontraktor hingga PT JGC Corporation atau PT McDermott Indonesia.

Lulusan Teknik Bangunan dipekerjakan pada proyek-proyek infrastruktur serta pembangunan gedung bertingkat di kota-kota besar. 

Selain tergolong profesi yang populer, kontraktor ini juga menjanjikan upah yang cukup tinggi. Lulusan yang masih baru bekerja mulai mendapatkan upah sekitar 5 juta rupiah. Untuk yang sudah profesional dan lama bekerja hingga bertahun-tahun bisa mendapatkan upah hingga belasan juta rupiah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *